Rabu, 27 Oktober 2010

Mengenal Saksofon

Add caption
Nah, berhubung lagi seneng - senengnya main alat musik saksofon, jadi saya bakal bahas sedikit tentang saksofon di sini :)

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluarga woodwind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.
Pada saat ini terdapat berbagai macam merk saksofon yang beredar di pasaran seperti; Selmer, Conn, Yamaha, Yanagisawa, L.A.Sax, Jupiter, Lincoln, La Fleur, Weril, Lark dan Subaru.

Pemain saksofon disebut saksofonis.

Beberapa nama pemain saksofonis Indonesia yang terkenal : Embong Rahardjo (alm), Didiek S.S.S, Paulus Cucuripet, Kenny Joe

Beberapa nama pemain saksofonis International Legendaris yang terkenal : Coleman Hawkins,Stanley Turrentine,Zoot Sims,Charlie Parker,Joe Henderson

Beberapa nama pemain saksofonis International masa kini yang terkenal : Kenny G,Dave Koz,Eric Marienthal,Richard Elliot,Sadao Watanabe,Kirk Whalum,Kenny Garrett.

Nah, sekarang kita masuk ke bagian - bagian saksofon. Saksofon di bagi jadi 4 macam yaitu: 

1.   Saksofon Soprano










2.   Alto












3.   Tenor












4.   Bariton Saksofon













Nah, setelah mengenal jenis - jenis saksofon, sekarang saya akan menunjukan bagian - bagian dari saksofon, tapi berhubung saya baru pernah main yang alto, jadi saya bahasnya yang saksofon alto *Maaf :(*

 
Disamping ini adalah bagian - bagian dari alto Saksofon.
Kalo mau belajar lebih lanjut tentang cara main, dan kun ci - kuncinya, mungkin bisa mencari buku, atau les di tempat - tempat les musik. Saya belum sanggup jelasinnya, soalnya saya juga masih belajar :)







Nah, yang ini juga ga kalah penting, Bagian ini bisa diumpamakan sebagai bagian utama dari saksofon, soalnya kalau ga ada ini, saksofon ga akan bunyi * walau di tiup seharian sekuat tenaga -_-*






Sekedar tips:

1.  Kalau reed agak rusak, sebaiknya di ganti, soalnnya bisa ganggu saat latihan, dan bisa menyebabkan kita mudah lelah dalam meniup.

2.  Usahakan jangan sampai mouthpiece jatuh, karena kemungkinan besar akan rusak atau patah. Sedikit pengalaman nih, saat mouthpiece saya rusak, pas les, saya tiup kenceng juga yang keluar tetap suara kecil. *-__-*

3.  Setelah selesai latihan atau menggunakan saksofon, sebaiknya di bersihkan dengan kain, dan bagian dalamnya dibersihkan dengan suatu alat kusus *saya lupa namanya* (bisa di beli di toko musik), kalau tidak di bersihkan, bisa - bisa saksofon kita bau iler air liur

4.  Selalu rajin latihan, supaya cepet bisa, dan jangan malu buat menampilkan kehebatanmu. Jangan kayak saya, ditawarin IGT, malah nolak, nyesel deh ~ :(

5.  *Good Luck :)*

0 komentar:

Posting Komentar